Wednesday, July 8, 2009

::: Mengenal Allah SWT :::

Mengenal Allah bukan hanya sebatas mondar-mandir ke masjid atau pengajian saja. Mengenal Allah juga bukan hanya sebatas tunggang-tungging melaksanakan sholat dan berpuasa saja. Mengenal Allah bukan hanya mengingat-Nya ketika berada dalam keadaan menderita atau sakit saja. Mengenal Allah juga bukan hanya mengingat-Nya ketika mendapat rizki yang melimpah atau sedang sehat saja.
Seseorang yang telah mengenal Allah hendaknya senantiasa merasa takut kepada Allah ketika hendak melanggar larangan-Nya dan atau meninggalkan perintah-Nya.

Keempat cara ini telah disebutkan Allah di dalam Al Qur’an dan di dalam As Sunnah baik global maupun terperinci ...

1. Mengenal Wujud Allah.

Maksud dari mengenal wujud Allah adalah meyakini keberadaan Allah swt. Kita harus beriman bahwa Allah itu ada. Dan adanya Allah telah diakui oleh fitrah, akal, panca indera manusia, dan ditetapkan pula oleh syari’at.


2. Mengenal Rububiyah Allah

Yang dimaksud dengan mengenal Rububiyah Allah adalah mengesakan Allah dalam tiga perkara yaitu penciptaan-Nya, kekuasaan-Nya, dan pengaturan-Nya.
Maksudnya adalah kita menyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Dzat yang menciptakan, menghidupkan, mematikan, memberi rizki, mendatangkan segala mamfaat dan menolak segala mudharat. Allah-lah satu-satunya Dzat yang mengawasi, mengatur, penguasa, pemilik hukum dan selainnya dari segala sesuatu yang menunjukkan kekuasaan tunggal bagi Allah.


3. Mengenal Uluhiyah Allah

Mengenal Uluhiyah Allah adalah mengesakan segala bentuk peribadatan bagi Allah, seperti berdoa, meminta, tawakal, takut, berharap, menyembelih, bernadzar, cinta, dan selainnya dari jenis-jenis ibadah yang telah diajarkan Allah dan Rasulullah saw.

Yang perlu juga untuk kita pahami adalah bahwa memperuntukkan satu jenis ibadah kepada selain Allah saja sudah termasuk perbuatan dzalim yang besar di sisi-Nya yang sering diistilahkan dengan syirik kepada Allah.


4. Mengenal Nama-nama dan Sifat-sifat Allah

Yang dimaksud dengan Mengenal Nama-nama dan Sifat-sifat Allah adalah kita beriman bahwa Allah memiliki nama-nama yang Dia telah menamakan diri-Nya dan yang telah dinamakan oleh Rasul-Nya. Dan beriman bahwa Allah memiliki sifat-sifat yang tinggi yang telah Dia sifati diri-Nya dan yang telah disifati oleh Rasul-Nya. Allah memiliki nama-nama yang mulia dan sifat yang tinggi berdasarkan firman Allah:

“Dan Allah memiliki nama-nama yang baik.” (Qs. Al A’raf: 186)

“Dan Allah memiliki permisalan yang tinggi.” (QS. An Nahl: 60)

Beriman kepada nama-nama dan sifat-sifat Allah haruslah yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Allah dan Rasulullah saw, tidak diluar itu, dan tidak pula untuk diselewengkan sedikitpun.


Betapa pentingnya mengenal Allah dengan sebenar-benarnya. Semoga dapat memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita semua untuk mengenal Allah dan berkomitmen kepada-Nya. Amin